Kamis, 01 November 2012

DUMBLEG (makanan tradisional khas Nganjuk)

Dumbleg merupakan makanan traditional khas Nganjuk. Hampir mirip pudak(makanan khas gresik) tetapi berbeda dari segi tampilan rasanya.

Dumbleg sendiri memiliki rasa yang manis, legit berbentuk seperti lontong. Dumbleg ini terbuat dari Dumbleg ini terbuat dari tepung beras, gula jawa & santan yang dibungkus dari pelepah jambe/pohon pinang. mungkin ini yang menjadikan rasa dumbleg semakin enak dan gurih. Ada dua macam warna yakni cokelat dan putih. Sayangnya karena terbuat dari bahan yang relatif sederhana dan tanpa bahan pengawet, jajanan ini kurang begitu awet untuk di bawa sebagai oleh-oleh lebih dari 1 hari. Oleh karena itu tidak direkomendasikan jika dijadikan buah tangan untuk jarak jauh.

jajanan ini hanya bisa ditemui di Pasar Pon Gondang atau Pasar Kliwon Rejoso karena di daerah nganjuk sendiri jarang sekali di temui makanan ini. Bahkan banyak juga orang-orang Nganjuk tidak begitu banyak mengenal makanan lezat ini. Hal ini karena kurangnya promosi, sehingga kurang popular.
Harga dumbleg berfariasi ada yang kecil, sedang dan besar. Harganya pun juga berfariasi antara Rp. 1.500 sampai Rp. 5.000.

Penasaran dengan dumbleg??? Ayo di coba….

0 komentar:

Poskan Komentar