Sabtu, 01 Januari 2011

APA ITU TELECENTER???




    Pada era globalisasi ini ada kemiskinan baru yang muncul, yakni kemiskinan informasi. Tidak dapat dipungkiri, sesungguhnya mulai zaman batu informasi merupakan kunci untuk menentukan yang survive atau tidak. Dan kini di Indonesia dengan teknologi informasi yang baru dan mulai berkembang, masalahnya bergeser menjadi masalah “kemiskinan akses” terutama dirasakan pada daerah-daerah terpencil atau pedesaan.Teknologi informasi dan kesempatan untuk bertukar informasi adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kita dalam segala macam hal, misalnya kalau kita bangun pagi, bagaimana anda tahu itu jam berapa? Tentunya dari jam tangan atau weker anda. Namun kita dapat men-set jam tangan kita itu dari sumber informasi yang lain, contohnya radio atau televisi, nah itu berarti kita sudah menggunakan teknologi informasi. Contoh lain, kalau petani ingin mencari langganan baru atau harga yang lebih baik untuk produknya, bagaiman caranya?. Networking (jaringan manusia) adalah salah satu solusi, dan makin luas networknya, makin baik kesempatannya untuk mengatasi kebutuhan atau masalah kita.

      Lalu bagaimana cara kita untuk mendapatkan networking seluruh masyarakat atau bahkan seluruh dunia? Melalui media internetlah solusinya. Lewat internet kita dapat berpartisipasi dan berkontribusi tanpa birokrasi dan dengan biaya yang relatif murah. Lewat telecentermedia alternatif pengembangan bisnis pedesaan yang bersistem komunikasi 2 arah inilah nantinya para usaha tani, pedagang atau siapa saja yang ingin mengiformasikan usaha dan kebutuhannya. Dan informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat dan mudah.

      Apa itu telecenter ? Telecenter adalah pusat teknologi informasi yang dirancang khusus untuk mengakses informasi, berkomunikasi dan mendapatkan layanan informasi bidang sosial dan ekonomi dengan menggunakan sarana teknologi informasi dan berkomunikasi berupa komputer dan internet. Telecenter sendiri terdiri dari dua kata, yaitu tele yang mempunyai arti media informasi komunikasi. Sedangkan kata center yang berarti pusat, jadi telecenter merupakan istilah singkat dari “Pusat Pemberdayaan Masyarakat Multifungsi Berbasis Telecenter” (Multipurpose Community Development Telecenter / MCDT). informasi teknologi dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat desa  yang antara lain berupa pelatihan-pelatihan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan serta pelaksanaan kegiatan ekonomi masyarakat setempat secara professional yang didukung oleh fasilitas telecenter.

Maksud dan tujuan di dirikanya Telecenter :
  1. Memberdayakan masyarakat dengan kemudahan akses terhadap informasi dasar seperti informasi pasar, pertanian, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan lainlain.
  2. Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal mengakses informasi penggunaan komputer, manajemen telecenter dan lain-lain melalui pelatihan-pelatihan.
  3. Mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian setempat dengan kegiatan pembangunan komunitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihkan terkait untuk membangun komunitas lokal.

     Telecenter sebagai pusat informasi berbasis internet diharapkan dapat memberdayakan masyarakat miskin yang memiliki aktivitas ekonomi antara lain, petani, nelayan, pedagang dan  perajin di daerah-daerah tertinggal. Selain itu dengan dibangunnya telecenter, nantinyadapat mengidentifikasi potensi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat sehingga dapat memberikan layanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna.
      Pendidikan Network (Telecenter) sangat mendukung dalam mengataskan  kemiskinan, dengan telecenter anak-anak di Indonesia khususnya di pedesaan dapat belajar mengenai komputer, dapat mengakses internet dan berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan dan negara kita.
Dengan adanya telecenter diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi dari internet dan tidak gagap teknologi guna mendukung pengelolaan usaha dan pemasaran hasil usaha dibidang industri dan pertanian agar telecenter dapat berswadaya dan mandiri sebagai suatu unit usaha milik masyarakat.

Telecenter Tanjunganom Jaya
Jl. R.A Kartini No 41 Warujayeng, Tanjunganom Nganjuk
Telp : (0358) 773495

0 komentar:

Posting Komentar